ABOUT SINAU

Apakah Anda seorang guru yang selalu ingin belajar hal baru?

Apakah Anda seorang guru yang ingin mengembangkan diri Anda?

Atau Anda ingin menjadi guru, namun belum memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup?


Sinau – Teacher Development Center hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sinau adalah wadah fasilitator dengan berbagai kompetensi masing-masing untuk memberikan pelatihan bagi guru agar menjadi guru yang lebih kompeten dan professional. Melalui program-program kami, kami akan mengubah Anda dari bukan guru menjadi guru, dari guru yang baik menjadi guru yang luar biasa.

Sinau adalah divisi pelatihan guru dari sekolah Bukit Aksara di Semarang, yang selama ini menjadi sekolah rujukan untuk studi banding dan magang. Lahirnya Sinau bermula dari kegelisahan Dr. Yulianti Siantajani, M.Pd., ketua yayasan Sanggar Aksara, payung dari Sekolah Bukit Aksara, yang melihat tingginya kebutuhan guru-guru berkualitas di Indonesia, sedangkan faktanya tidak banyak kesempatan bagi guru-guru untuk mengembangkan diri. Selanjutnya Beliau mengembangkan karirnya menjadi seorang trainer untuk workshop-workshop, seminar, dan diklat di banyak kota dan pulau di Indonesia. Hingga akhirnya sejak Januari 2018 ini, Beliau menjadikan wadah Sinau sebagai pusat pengembangan guru yang lebih professional.

OUR VISION

Memperkaya kualitas pendidik Indonesia dengan pengetahuan, ilmu, dan keterampilan melalui pengembangan profesional agar lahir banyak guru-guru yang berdampak bagi generasi masa depan bangsa.

OUR MISSION

  • Memperlengkapi guru dengan pengetahuan dan keterampilan praktis.
  • Menyediakan pelatihan melalui strategi yang menyenangkan.
  • Mendukung kebutuhan guru untuk dapat menjadi guru yang profesional.
  • Menghubungkan guru-guru seluruh Indonesia untuk menjalin hubungan yang saling mendukung satu sama lain

WE BELIEVE...

Bagaikan seorang pembangun memerlukan peralatan dan perlengkapan yang tepat untuk membangun bangunan yang kuat, begitu pula guru perlu diperlengkapi dengan ‘peralatan’ yang tepat untuk membangun generasi masa depan bangsa yang kuat. Di Sinau, kamilah yang akan memperlengkapi guru-guru untuk mendapatkan ‘peralatan-peralatan’ ini.

Ellen Patricia, MA (Arch), MA (Counseling), CMC.

Master Coach & Trainer

Strength

Ellen Patricia adalah seorang pembicara, penulis, konselor, konsultan spesialis di Bank Dunia untuk coaching, dan coach profesional. Ia adalah anggota International Coach Federation (ICF) dan Center for Coaching Certification – USA telah mensertifikasi Ellen Patricia sebagai seorang Certified Master Coach. Keahlian Ellen Patricia dalam bidang konseling tercermin dari penghargaan yang diterimanya pada tahun 2016, dimana ia terpilih sebagai penerima Heartline Award untuk kategori “Konselor Keluarga”. Sedangkan wawasannya dalam bidang parenting terlihat dari terpilihnya Ellen Patricia sebagai salah satu penerima penghargaan Menteri Pendidikan & Kebudayaan pada tahun 2016 untuk artikel parentingnya.

Latar belakang Ellen Patricia sangat unik. Sebelum terjun ke dalam dunia coaching, konseling & parenting, ia adalah seorang profesional yang sukses di bidang properti. Ia lulusan S1 Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) & S2 Arsitektur di National University of Singapore (NUS). Sebelum kembali ke Indonesia, ia sempat bekerja selama beberapa tahun sebagai arsitek di BUMN terbesar di Singapura. Ketika kembali ke Indonesia, ia bekerja sebagai Kepala Divisi termuda di salah satu perusahaan properti swasta terbesar di Indonesia. Kisah keberhasilannya yang inspiratif tersebut telah membuatnya diliput dalam buku “Srikandi-Srikandi Indonesia 2012 – Mahakarya Wanita Bangsa”.

Ellen Patricia juga adalah pendiri dan pimpinan Yayasan Busur Emas. Di bawah kepemimpinannya, Yayasan Busur Emas terus berkembang, mewujudnyatakan salah satu core value Yayasan Busur Emas, yaitu “Bertumbuh Secara Kontinu” (continuous growth). Sejak berdiri pada tahun 2010, Yayasan Busur Emas telah menyelenggarakan serta menjadi nara sumber di lebih dari 180 training & seminar terkait coaching, konseling dan parenting.

Ellen Patricia juga membawa Yayasan Busur Emas bekerja sama dengan berbagai media cetak, radio & TV untuk melakukan edukasi masa sejak tahun 2011. Selain itu, Ellen Patricia masih aktif memimpin 2 unit bisnis Yayasan Busur Emas berupa Coaching & Counseling Centre, serta Excellence Vault Consulting Firm yang menyedikan jasa konsultasi pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan organisasi.

Sebagai bentuk kontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia, Ellen Patricia membentuk Komunitas Busur Emas yang sejak tahun 2015, secara rutin (bulanan) melakukan kegiatan bakti sosial ke panti asuhan, panti werdha & golongan ekonomi lemah. Semua itu dilakukan untuk bersama-sama  dengan berbagai pihak mewujudkan visi “Masyarakat Indonesia memiliki kualitas kepribadian dan kompetensi yang unggul”.