ABOUT SINAU

Apakah Anda seorang guru yang selalu ingin belajar hal baru?

Apakah Anda seorang guru yang ingin mengembangkan diri Anda?

Atau Anda ingin menjadi guru, namun belum memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup?


Sinau – Teacher Development Center hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sinau adalah wadah fasilitator dengan berbagai kompetensi masing-masing untuk memberikan pelatihan bagi guru agar menjadi guru yang lebih kompeten dan professional. Melalui program-program kami, kami akan mengubah Anda dari bukan guru menjadi guru, dari guru yang baik menjadi guru yang luar biasa.

Sinau adalah divisi pelatihan guru dari sekolah Bukit Aksara di Semarang, yang selama ini menjadi sekolah rujukan untuk studi banding dan magang. Lahirnya Sinau bermula dari kegelisahan Dr. Yulianti Siantajani, M.Pd., ketua yayasan Sanggar Aksara, payung dari Sekolah Bukit Aksara, yang melihat tingginya kebutuhan guru-guru berkualitas di Indonesia, sedangkan faktanya tidak banyak kesempatan bagi guru-guru untuk mengembangkan diri. Selanjutnya Beliau mengembangkan karirnya menjadi seorang trainer untuk workshop-workshop, seminar, dan diklat di banyak kota dan pulau di Indonesia. Hingga akhirnya sejak Januari 2018 ini, Beliau menjadikan wadah Sinau sebagai pusat pengembangan guru yang lebih professional.

OUR VISION

Memperkaya kualitas pendidik Indonesia dengan pengetahuan, ilmu, dan keterampilan melalui pengembangan profesional agar lahir banyak guru-guru yang berdampak bagi generasi masa depan bangsa.

OUR MISSION

  • Memperlengkapi guru dengan pengetahuan dan keterampilan praktis.
  • Menyediakan pelatihan melalui strategi yang menyenangkan.
  • Mendukung kebutuhan guru untuk dapat menjadi guru yang profesional.
  • Menghubungkan guru-guru seluruh Indonesia untuk menjalin hubungan yang saling mendukung satu sama lain

WE BELIEVE...

Bagaikan seorang pembangun memerlukan peralatan dan perlengkapan yang tepat untuk membangun bangunan yang kuat, begitu pula guru perlu diperlengkapi dengan ‘peralatan’ yang tepat untuk membangun generasi masa depan bangsa yang kuat. Di Sinau, kamilah yang akan memperlengkapi guru-guru untuk mendapatkan ‘peralatan-peralatan’ ini.

Endinda H Krista, S.Ds.

Assistant Director & Trainer

Strength

Lahir dan tumbuh di dalam keluarga yang berkecimpung di dunia pendidikan, tidak membuat Dinda tumbuh dengan rasa cinta pada pendidikan. Jatuh cinta pada dunia ini adalah sesuatu yang tidak terduga untuknya.

Ketika Dinda duduk di bangku kuliah, jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Tarumanagara, Jakarta, ia menemukan passionnya tentang hubungan kemanusiaan dan permasalahan sosial. Dinda juga menemukan banyak isu-isu sosial yang terjadi di Indonesia, dan setelah melalui proses, ia sadar hanya ada satu cara untuk benar-benar mencabut akar permasalahan sosial ini. Korupsi, mentalitas yang rusak, kriminalitas, kemiskinan, dan banyak isu-isu lainnya hanya dapat dipecahkan melalui pendidikan. Khususnya akan lebih efektif apabila di lakukan sejak dini. Seperti yang kita ketahui, lebih baik mencegah daripada mengobati.

“Solusi pendidikan memang bukan solusi yang instan, namun solusi ini adalah solusi yang permanen”

Setelah menyadari hal tersebut, tanpa menunggu lama setelah kelulusan, Dinda memutuskan untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai guru TK di Bukit Aksara Character and Creativity School.  Pada saat itu juga, Dinda tahu apa yang ingin ia kerjakan dalam hidupnya.

Untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang dunia baru yang dimasukinya ini, Dinda tak hanya terjun dalam praktik langsung mengajar di kelas. Dinda juga mengambil sertifikasi-sertifikasi dan training. Hal ini dilakukan demi memperoleh sebanyak mungkin ilmu, pengetahuan, dan keterampilan baru sebagai pendidik.

Gaya mengajar Dinda banyak dipengaruhi oleh Reggio Emilia Approach karena pengalaman pertamanya belajar langsung di International Study Group in Reggio Emilia, Italy (2016). Selain itu, Dinda juga tersertifikasi sebagai guru yoga khusus PAUD di  International Yoga Teacher for Kids in Goa, India (2016). Mengikuti perkembangan jaman, Dinda menghadiri Live Wires Digital Technology Forum from Early Childhood Australia in Melbourne (2017) untuk lebih memahami bagaimana orangtua membesarkan anak di era digital dan guru mengajar dengan pendekatan dunia digital. Dinda juga tersertifikasi sebagai Trainer of Teachers pada 2017.

Saat ini selain menjadi guru PAUD di Bukit Aksara, Dinda juga menjadi guru fotografi dan Creative Speaking di SD Bukit Aksara.