ABOUT SINAU

Apakah Anda seorang guru yang selalu ingin belajar hal baru?

Apakah Anda seorang guru yang ingin mengembangkan diri Anda?

Atau Anda ingin menjadi guru, namun belum memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup?


Sinau – Teacher Development Center hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sinau adalah wadah fasilitator dengan berbagai kompetensi masing-masing untuk memberikan pelatihan bagi guru agar menjadi guru yang lebih kompeten dan professional. Melalui program-program kami, kami akan mengubah Anda dari bukan guru menjadi guru, dari guru yang baik menjadi guru yang luar biasa.

Sinau adalah divisi pelatihan guru dari sekolah Bukit Aksara di Semarang, yang selama ini menjadi sekolah rujukan untuk studi banding dan magang. Lahirnya Sinau bermula dari kegelisahan Dr. Yulianti Siantajani, M.Pd., ketua yayasan Sanggar Aksara, payung dari Sekolah Bukit Aksara, yang melihat tingginya kebutuhan guru-guru berkualitas di Indonesia, sedangkan faktanya tidak banyak kesempatan bagi guru-guru untuk mengembangkan diri. Selanjutnya Beliau mengembangkan karirnya menjadi seorang trainer untuk workshop-workshop, seminar, dan diklat di banyak kota dan pulau di Indonesia. Hingga akhirnya sejak Januari 2018 ini, Beliau menjadikan wadah Sinau sebagai pusat pengembangan guru yang lebih professional.

OUR VISION

Memperkaya kualitas pendidik Indonesia dengan pengetahuan, ilmu, dan keterampilan melalui pengembangan profesional agar lahir banyak guru-guru yang berdampak bagi generasi masa depan bangsa.

OUR MISSION

  • Memperlengkapi guru dengan pengetahuan dan keterampilan praktis.
  • Menyediakan pelatihan melalui strategi yang menyenangkan.
  • Mendukung kebutuhan guru untuk dapat menjadi guru yang profesional.
  • Menghubungkan guru-guru seluruh Indonesia untuk menjalin hubungan yang saling mendukung satu sama lain

WE BELIEVE...

Bagaikan seorang pembangun memerlukan peralatan dan perlengkapan yang tepat untuk membangun bangunan yang kuat, begitu pula guru perlu diperlengkapi dengan ‘peralatan’ yang tepat untuk membangun generasi masa depan bangsa yang kuat. Di Sinau, kamilah yang akan memperlengkapi guru-guru untuk mendapatkan ‘peralatan-peralatan’ ini.

Dr. Sri Kurniangsih, MM., Psikolog.

Head of Research & Development

Strength

Lulus dari Fakultas Psikologi UGM dan studi lanjut (S2) bidang Manajemen Sumberdaya Manusia belum membawa langkahnya ke dunia PAUD. Sepertinya angin mengarahkannya untuk mengenalkan pada produk akhir proses pendidikan yaitu menjadi supervisor HRD di perusahaan multinasional yang menangani pengembangan organisasi dan kadang terlibat dalam proses rekrutmen. Seringkali muncul pertanyaan besar pada saat menemui sekian banyak fresh graduates yang sama sekali tidak siap masuk ke dunia kerja. Terutama dari aspek drive dan attitude.

“Ada apa dengan proses pendidikan yang mereka alami? Apa yang salah? Siapa yang salah?”  Pertanyaan itu sangat menggelitik.

Dalam jalur perjalanan karir berikutnya, jawaban itu sedikit demi sedikit saat Nia bergabung sebagai education officer di UNICEF. Projek pertama yang ditangani adalah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di wilayah Jawa Tengah yang diterapkan di Sekolah Dasar. Pelatihan, pendampingan, dan monitoring yang diikutinya pada proses implementasi projek ini menambah wawasan mengenai proses pendidikan yang berpusat pada anak, yang ramah pada anak dan menekankan pentingnya hak anak. Hal yang selama ini ‘hilang’ di dunia pendidikan kita sejalan dengan hilangnya penanaman nilai-nilai dan karakter pada kegiatan belajar di sekolah. Itu karena tergantikan oleh target-target akademik, sehingga jadilah anak-anak yang cerdas tetapi tidak memiliki nilai dan karakter diri.

Tugas selanjutnya di UNICEF menggiring pada pendidikan yang makin mendasar. Dunia PAUD. Disinilah Nia jatuh cinta. Ia menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di awal karirnya di dunia HRD. Hingga di akhir kontrak kerjanya, 2008 Nia mendirikan lembaga PAUD berbasis masyarakat atau PosPAUD di garasi rumahnya. PosPAUD Menur namanya. Jumlah anak menjadi semakin banyak hingga kegiatan dilakukan di balai RW sampai saat ini. Sejalan dengan kegiatan mengelola PosPAUD, Nia memutuskan untuk studi S3 di Fakultas Psikologi UGM. Jatuh cinta di dunia PosPAUD menjadikan topik mengenai kerelawanan kader-kader posPAUD sebagai topik disertasinya. Dalam masa studi tersebut, Nia berkesempatan untuk mendapatkan penghargaan di bidang riset, menjadi presenter dalam konferensi internasional di India, China, dan Indonesia, dan aktif di lembaga penelitian Indigenous Psychology di kampusnya. Pernah menjuarai Apresiasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan untuk kategori Pengelola di tingkat Jawa Tengah dan menjadi juara 4 di tingkat nasional.

Saat ini selain masih aktif mengelola PosPAUD Menur, Nia bekerja menjadi freelance konsultan untuk proses rekrutmen dan promosi di beberapa perusahaan, menjadi narasumber dan fasilitator bidang PAUD, dan dosen psikologi di Universitas Semarang.