ABOUT SINAU

Apakah Anda seorang guru yang selalu ingin belajar hal baru?

Apakah Anda seorang guru yang ingin mengembangkan diri Anda?

Atau Anda ingin menjadi guru, namun belum memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup?


Sinau – Teacher Development Center hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sinau adalah wadah fasilitator dengan berbagai kompetensi masing-masing untuk memberikan pelatihan bagi guru agar menjadi guru yang lebih kompeten dan professional. Melalui program-program kami, kami akan mengubah Anda dari bukan guru menjadi guru, dari guru yang baik menjadi guru yang luar biasa.

Sinau adalah divisi pelatihan guru dari sekolah Bukit Aksara di Semarang, yang selama ini menjadi sekolah rujukan untuk studi banding dan magang. Lahirnya Sinau bermula dari kegelisahan Dr. Yulianti Siantajani, M.Pd., ketua yayasan Sanggar Aksara, payung dari Sekolah Bukit Aksara, yang melihat tingginya kebutuhan guru-guru berkualitas di Indonesia, sedangkan faktanya tidak banyak kesempatan bagi guru-guru untuk mengembangkan diri. Selanjutnya Beliau mengembangkan karirnya menjadi seorang trainer untuk workshop-workshop, seminar, dan diklat di banyak kota dan pulau di Indonesia. Hingga akhirnya sejak Januari 2018 ini, Beliau menjadikan wadah Sinau sebagai pusat pengembangan guru yang lebih professional.

OUR VISION

Memperkaya kualitas pendidik Indonesia dengan pengetahuan, ilmu, dan keterampilan melalui pengembangan profesional agar lahir banyak guru-guru yang berdampak bagi generasi masa depan bangsa.

OUR MISSION

  • Memperlengkapi guru dengan pengetahuan dan keterampilan praktis.
  • Menyediakan pelatihan melalui strategi yang menyenangkan.
  • Mendukung kebutuhan guru untuk dapat menjadi guru yang profesional.
  • Menghubungkan guru-guru seluruh Indonesia untuk menjalin hubungan yang saling mendukung satu sama lain

WE BELIEVE...

Bagaikan seorang pembangun memerlukan peralatan dan perlengkapan yang tepat untuk membangun bangunan yang kuat, begitu pula guru perlu diperlengkapi dengan ‘peralatan’ yang tepat untuk membangun generasi masa depan bangsa yang kuat. Di Sinau, kamilah yang akan memperlengkapi guru-guru untuk mendapatkan ‘peralatan-peralatan’ ini.

Dr. Yulianti Siantajani, M.Pd.

Director & Master Trainer

Strength

Yulie mengawali kariernya di dunia pendidikan dengan menjadi guru les SD sejak duduk di bangku SMA. Selanjutnya, Yulie membuka tempat kursus di sebuah garasi yang dipinjam dari saudara.  Seiring dengan berjalannya waktu, karirnya semakin berkembang, begitu pula dengan minatnya di bidang pendidikan yang semakin besar. Yulie berhasil mendirikan Lembaga Bimbingan Belajar Sanggar Aksara di Semarang pada tahun 1991 dan pada tahun 2018 ini berkembang menjadi After School Program. Pada tahun 2000, Yulie membangun Bukit Aksara-School of Character & Creativity, di bawah Yayasan Sanggar Aksara yang dipimpinnya. Hingga saat ini lembaga ini telah berkembang menjadi Playgroup, Taman Kanak-Kanak,dan Sekolah Dasar dengan ratusan murid.

Tak pernah berhenti belajar, itulah prinsip hidup seorang Yulie.  Mulai tahun 2003, Yulie mengembangkan sayap ke bidang andragogi. Yulie menjadi nara sumber dalam berbagai seminar, training dan workshop tentang pendidikan, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Di sela-sela kesibukannya, Yulie menulis lebih dari 20 buku untuk anak, orangtua dan guru. Juga beberapa artikel pendidikan, bahan ajar dan modul tentang pendidikan. Dua  di antaranya adalah Praktis Membaca dan Persiapan Membaca Bagi Balita. Kisah kesehariannya sebagai praktisi pernah diangkat sebagai salah satu Professional Profile oleh Marilou Hyson. Ph.D  (World Bank Consultant, College of Education and Human Development, University of Massachusetts-Boston) dalam bukunya “The Early Years Matter”. Pakar dalam dunia praktisi, Yulie menjadi konsultan di beberapa sekolah, termasuk menjadi school maker. Kesempatan-kesempatan baru pun datang, dengan dipercayai sebagai tim inti kurikulum PAUD nasional dan terlibat dalam berbagai pembentukan regulasi tentang PAUD. Tak hanya sampai disitu, sejak awal 2016 Yulie dipercaya sebagai konsultan Bank Dunia untuk program PAUD Generasi Cerdas Desa. Berbagai wilayah di Indonesia telah dikunjungi, dari sekolah di desa sampai di kota, dari sekolah biasa sampai pada sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua.

“Karir sebagai guru itu sangat menjanjikan. Jangan pernah berhenti mengembangkan diri di bidang ini..” kata Ibu lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris,  S2 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Semarang dan S3 PAUD dari Universitas Negeri Jakarta ini. Yulie meyakinkan agar jangan ada yang ragu apabila ingin memulai karir di bidang pendidikan.

Keputusan Yulie untuk memprofesionalkan Sinau adalah sebuah langkah baru baginya untuk mengembangkan diri. Yulie percaya bahwa melalui wadah ini, ada kesempatan untuk berbagi ilmu kepada orang lain. Satu-satunya cara untuk menyebarkan dampak yang lebih luas, adalah dengan melatih lebih banyak guru sehingga mereka dapat mengajar lebih banyak lagi murid-murid.